• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI OENGAN METOOE DEMONSTRASI - BRAINSTORMING KONSEP ALAT INDRA KELAS II CAWU 3 01 SMUN UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 1999/2000

    Thumbnail
    View/Open
    sudartik.pdf (1.450Mb)
    Date
    2015-01-27
    Author
    Sudartik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan mengajar ialah mengadakan perubahan yang dikehendaki dalam tingkah laku seorang siswa. Perubahan dari tidak tahu menjadi tahu. Pembelajaran IPA (biologi pada umumnya), dilakukan secara langsung yaitu menggunakan pendekatan ekspositorl. Hasll penelitian menunjukkan bahwa pengunaan metode ekspositori disertai braintorm ing lebih efktif dibanding dengan penggunaan ekspositori disertai kerja kelompok. Berueda dengan penelitian sebelumnya, Peneliti akan membedakan hasil belajar biologi siswa antara yang diajar menggunakan metode ekspositori dengan metode demonstras ~ brainstorming konsep Alat indra kelas II Cawu 3 SMUN Umbulsari Tahun Pelajaran 1999/2000. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar biologi siswa dan mengetahui manakah yang lebih baik antara yang diajar menggunakan metode ekpositori dengan metode demonstrasi · Brainstorming dalam menlngkatkan hasll belajar slswa pada mata pelajaran Biologi. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa dan manakah yang lebih baik antara hasil belajar yang diajar menggunakan metode ekspositori dan demonstrasi - brinstorm lng . Analisis data dlgunakan uji - t. Nllal rata - rata sebelum diadakan tes sebesar 65,2 dan 64 ,675 . Sedangkan nilai rata - rata setelah tes sebesar 68,105 dan 74,325. Dengan nilai rata - rata sebelum dan selelah tes ada peningkatan nilai dari 65,2 sampai 68,105 dan dari 64,675 sampai 78,325 pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode ekspositori dan metode demonstrasi brainstorming. Dari hasil analisis data dilketahui metode demonstrasi - brainstorming lebih baik digunakan guna pP-ningkatan hasil belajar siswa .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61086
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository