Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho Sispriyono
dc.date.accessioned2015-01-27T01:20:28Z
dc.date.available2015-01-27T01:20:28Z
dc.date.issued2015-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61060
dc.description.abstractHasil belajar mata pelajaran biologi siswa kelas III B SLTP Negeri I Umbulsari cenderung mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya pemilihan metode mengajar yang kurang tepat dengan konsep atau sub konsep yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini ingin meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi siswa kelas III B SL TP Negeri 1 Umbulsari tahun pelajaran 2000/2001 . Dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode diskusi kelompok. Diharapkan siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mampu menemukan jawaban dari pennasalahan yang dihadapi. Subyek penelitian adalah kelas III B dengan jumlah siswa sebanyak 45. Penentuan subyek ini dikarenakan kelas Ill B merupakan kelas yang paling rendah perolehan nilai hasil belajamya dan siswa pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil siswa kelas Ill B.Sebelum diberi tindakan ketuntasan belajar klasikal 68,8% setelah tindakan menjadi 86,6%. Rata-rata nilai ulangan harian sebelum diberi tindakan 69,9 meningkat menjadi 79,9. Kesimpulannya penerapan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran Biologi dapat meningkat kualitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS Ill SLTP NEGERI 1 UMBULSARIen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS Ill SLTP NEGERI 1 UMBULSARI TAHUN PELAJARAN 2000/2001 MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOKen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record