HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP VIRUS DENGAN PERSEPSI SISWA TENTANG MASALAH AIDS PADA KELAS I SMUN I ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 1999/2000
Abstract
Pemahaman konsep adalah suatu jenjang dari kemampuan proses,
perbuatan atau cara berfikir dimana siswa dituntut untuk memahami yang
berarti mengetahui tentang sesuatu hal dan dapat menjelaskan peristiwa
yang konkrit, serta dapat melihatnya dari berbagai segi . Sedangkan
persepsi siswa merupakan tanggapan atau penilaian individu terhadap
pengaruh atau fenomena baik yang berasal dari lingkungan internal
maupun eksternal yang berpengaruh pada baik buruknya kegiatan
pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya
hubungan antara tingkat pemahaman konsep virus dengan persepsi siswa
tentang masalah AIDS. Parameter yang akan diteliti yaitu meliputi nilai
tes tingkat pemahaman konsep virus dan nilai angket persepsi siswa
tentang masalah A£DS . Penelitian dilakukan di SMUN 1 Arjasa Jember
mulai bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2000. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik acak sederhana (simple random sampirng )
dengan jumlah sampel 60 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan metode tes dan metode kuesioner. Data yang didapat dianlisis
dengan korelasi product moment. Dari hasil analisis tersebut diperoleh
harga r empiris sebesar 0,61 . Harga koefisien tersebut lebih besar dari
harga kritiknya yaitu 0,254 (dengan taraf kepercayaan 95%) dan 0,330
(dengan taraf kepercayaan 99%). Dengan dernikian dapat disimpulkan
bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman konsep
virus dengan persepsi siswa tentang masalah AIDS pada kelas 1 SMUN 1
Arjasa Jember tahun pelajaran 1999/2000.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]