ANALISIS POSITIONING CAFE “ THE KOPI LOWO” KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Analisis Positioning Cafe “The Kopi Lowo”
Kecamatan Sumbersari Jember. Dalam penelitian ini positioning merupakan suatu
cara produk atau merek untuk merancang pencitraan suatu perusahaan dalam
meraih tempat khusus dan unik dalam persepsi konsumen sehingga produk yang
ditawarkan lebih unggul dibandingkan para pesaing. Tujuan dari positioning
untuk memposisikan produk dipasar sehingga produk tersebut terpisah atau
berbeda dengan merek-merek yang bersaing.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multi
Dimensional Scalling (MDS) merupakan suatu teknik statistik yang mengukur
objek-objek dalam ruangan multidimensional didasarkan pada penilaian
responden mengenai kemiripan (similarity) objek-objek tersebut. MDS adalah
salah satu prosedur yang digunakan untuk memetakan persepsi para responden
secara visual dalam peta geometri. Peta geometri tersebut yang disebut perceptual
map yaitu dalam peta menunjukkan objek mana yang sangat mirip dan mana yang
sangat tidak mirip.
Berdasarkan hasil analisis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peta
positioning dari Cafe “The Kopi Lowo” menunjukkan atribut harga dan orang
merupakan atribut yang dipersepsikan berbeda atau tidak memiliki kemiripan
dengan para cafe pesaing lainnya, sedangkan atribut produk, promosi, lokasi,
proses dan bukti fisik merupakan atribut yang dipersepsikan sama atau memiliki
kemiripan antara Cafe “The Kopi Lowo” dengan para pesaingnya. Kemudian
untuk saran kepada pihak Café “The Kopi Lowo” perlu lebih dievaluasi lagi dan
lebih dikembangkan adanya perbedaan yang menunjang keunggulan bersaing
pada atribut harga dan orang, sehingga diharapkan dengan adanya keunggulan
tersebut, maka diharapkan Cafe “The Kopi Lowo” tetap menjadi pilihan utama
bagi pelanggannya.