dc.description.abstract | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam bertujuan agar siswa menguasai konsep-konsep
ilmu Pengetahuan Alam dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan
metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang
dihadapi sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciptanya Penelitian
ini bertujuan untuk mencari solusi penggunaan pendekatan konsep dalam pembelajaran
biologi pada pokok bahasan struktur tumbuhan. Adapun masalah dalam penelitian ini
yaitu bagaimana efektifitas pendekatan konsep dalam pembelajaran biologi yang dilihat
dari sebelah mana pendekatan tersebut dapat meningkatkan basil belajar biologi.
Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre tes dan post tes dengan responden
siswa kelas II cawu I. Pokok bahasan struktur tumbuhan di SMU Negeri Arjasa tahun
pelajaran 1998/1999. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan uji tes.
Berdasarkan analisis data diperoleh temuan bahwa nilai hasil belajar siswa
adalah 6,9371 pada pre-tes dan post-tes 6,5792 antara post-tes dengan pre-test tunda dan
1,5724 pada post-tes dan tes-tunda Adapun nilai rata-rata basil belajar siswa 27,1276
pada pre-tes, 75,9042 pada post-tes dan 73,8766 pada tes tunda Pencapaian perubahan
untuk setiap kategori sangat jelek (SJ) menjadi sangat baik (SB). Berdasarkan temuan,
maka.terjawab rumusan masalab dalam penelitian dan dapat diambil simpulan sebagai
berikut: Pendekatan konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif serta
dapat meningkatkan kategori dari rata-rata sangatjelek (SJ) menjadi sangat baik (SB).
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan konsep efektif digtmalam dalam
pembelajaran biologi. Manfaat temuan dalam penelitian ini diharapkan menjadi salab
satu solusi dalam pendidikan biologi yaitu untuk mencapai tujuan dalam p~ndidikan
Dmu Pengetabuan Alam. | en_US |