PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE JIGSAW DI KELAS II B SLTPNEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2002
Abstract
kemampuan siswa dalam membaca pemahaman perlu di kembangka, karena selama ini kemampuan membaca pemahaman siswa kurang mendapatkan perhatian, sehingga prestasi siwa kurang menggembirakan. metode jigsaw merupakan satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kemampuan pemahaman siswa terhadap bacaan. tujuan penelitian ini untuk mengatahui tingkat kemampuan pemahaman siswa terhadap bacaan serta tingkat aktifitas siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia. untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan yang dilakukan dengan dua siklus. penelitian tersebut dilaksanakan selama bulan april 2002, dengan subjek penelitian siswa kelas ll B SLTPnegeri 6 jember tahun pelajaran 2001/2002. data diperoleh memlalui observasi dan tes. observasi digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sedangkan tes digunakan untuk menegetahui tingkat kemampuan siswa dala memahami bacaan. pada siklus pertama tingkat aktivitas siswa belum menunjukkan hasil yang diharaokan karna jumlah siswa yang aktif sebesar 15 orang atau 31,91 % tetapi pada siklus kedua terjadi peningkatan yang ukup signifikasi sebesar 32,46% yaitu dari keaktifan sebesar 31,91% menjadi 74,47% begitupula tingkat kemampuan pemahaman siswa terhadap bacaan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pula yaitu 48,94%. dengan adanya peningkata aktivitas dan kemampuan pemahaman siswa terhaap bacaan, maka kegiatan ini sudah di katakan tercapai dengan baik. demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode jigsaw sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. dan bagi mahasiswa, khususnya yag sedang mempersiapkan diri melakukan praktek pengalaman lapangan (PPL) metode jigsaw dapat dimanfaatkn sebagai bahan referensi pengembangn materi dan strategi pembelajaran.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]