HUBUNGAN PENGUASAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DENGAN NILAI MENGARANG SISWA KELAS I SLTP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 1998/1999
Abstract
Pembahasan ini dilatar belakangi oleh pentingnya usaha ejaan bahasa indonesia bagi siswa yang berkaitan dengan mengarang, agar siswa terampil berbahasa indonesia. tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu; (1) untuk menengtahui penguasaan ejaan bahasa indonesia , (2) nilai mengarang dan (3) untuk mengetahui hubungan SLTP Negeri 2 tanggul tahun pelajaran 1998/1999. pelaksanaan penelitian menggunakan metode tes . pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 maret 1999 sampai dengan tanggal 16 april 1999. pengambilan sampel dalam penelitian di gunakan teknik sampel random/sampel acak.penelitian terdiri dari 2 variabel yaitu; nilai penguasaan ejaan bahasa indonesia dan nilai mengarang, dengan teknik analisis yang di gunakan rumus korelasi product moment.hasil analisis penelitian menunjukan ;1) penguasaan ejaan bahasa indonesia siswa kelas 1 SLTP negeri 2 tanggul tahun pelajaran 1998/1999 menunjukan dengan katagori menguasai ejaan dengan IPK = 59,0 terletak pada skala nilai antara = 55-74. 2) nilai mengarang siswa kelas 1 SLTP negeri 2 tanggul tahun pelajaran 1998/1999 menunjukan dalam katagori sedang dengan IPK = 66,92 terletak pada skala nilai antar = 55-74. 3) penguasaan ejaan dengan nialimengarang pada siswa kelas 1 SLTP negeri 2 tanggul tahun pelajaran 1998/1999 mempunyai hubungan dengan kadar korelasi tingkat tinggi. penelitian ini diharapkan guru bahasa indonesia khususnya yang mengajar kelas ll dan kelas lll lebih meningkatkan latihan-latihan menggunakan ejaan bahasa indonesia secara tepat sesuai dengan kaidah-kaidahnya. terutama pada kegiatan menulis/ mengarang.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]