UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBUATAN BAGAN BACAAN PADA SISWA KELAS II A SLTP NEGERI 1 PANARUKAN SITUBONDO
Abstract
peranan guru sangat menentukan dalam proses belajar mengajar, terutama dalam keterampilan membaca pemahaman,. guru harus dapat mengatasi kesulitan siswa dalam membaca pemahaman. kesulitan siswa kelas llA SLTP Negeri 1 panarukan adalah menangkap makna dan pesan dari bacaan yang mencakup menentukan ide pokok, ide penjelas, tema umum, dan makna baik yang tersurat maupun yang tersirat. permasalan ini perlu di carikan solusinya yankni dengan pembuatab bagan bacaan. pembuatan bagan pembacaan siswa dan ketuntasan belajarnya. permasalahan yang di munculkan adalah apakah penggunaan bagan pembacaan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SLTP 1 panarukan sitobondo dan siswa lebih aktif mengikuti pembelajaran tersebut. alat yang di gunakan dalam mengumpulkan data berupa tes uraian dan hasil observasi dari teman sejawat pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. tes tes uraian dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh persentasi peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tersebut. analisisdata yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan persentase keterampilam membaca pemahaman dan ketuntasan belajar siswa bila menggunakan bagan bacaan siswa sudah dapat menentukan ide pokok ide penjelas. tema umum dan makna dari suatu bacaan. hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mangajar.keterampilan yang dapat di tarik drai penelitian ini adalah pembuatan bagan bacaan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa teriutama dalam menentukan ide pokok, ide penjelas, tema umum dan makna dari bacaan serta siswa lebih aktif mengikuti pembelajran. oleh karena itu siswa dan guru hendaknya membuat bagan bacaan dalam pembelajaran membaca pemahaman dikelas.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]