• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMU KELAS I TERBITAN ERLANGGA BERDASARKAN KRITERIA BELL

    Thumbnail
    View/Open
    Wiwik.pdf (1.545Mb)
    Date
    2015-01-06
    Author
    Wiwik Liana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kata Kunci: Buku Pelajaran Fisika Terbitan Erlangga dan Kriteria Bell. Buku pelajaran mempunyai fungsi yang strategis dan penting dalam upaya meningkatkan pemerataan kesernpatan pendidikan serta meningikatkan mutu, proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan. Oleh karena itu, buku pelajaran tidak boleh memuat informasi yang salah. Buku pelajaran yang salah, dapat menyesatkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran, sehingga dalam menyusun buku harus disesuaikan dengan kriteria buku yang baik, yaitu kriteria Bell. Buku pelajaran fisika yang digunakan oleh guru di SMU Negeri se Kotatif Jember 95% adalah buku terbitan Erlangga. Untuk itu peneliti memiliki beberapa permasalahan yang perlu dipecahkan, yaitu: 1) berapa besar tingkat kesesuaian materi pelajaran pada buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell; 2) berapa besar tingkat kesesuaian metode penyarnpaian materi pada buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell; 3) berapa besar tingkat kesesuaian tampilan fisik buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell; 4) berapa besar tingkat kesesuaian petunj uk untuk guru pada buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell. Adapun tujuan penelitian adaJah untuk mengetahui tingkat kesesuaian rnateri pelajaran, tingkat kesesuaian metode penyampaian materi, tingkat kesesuaian tampilan fisik dan tingkat kesesuaian petunjuk untuk guru pada buku pelajaran fisika SMU kelas l terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu: metode dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian buku pelajaran fi sika SMU kelas l terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell, meliputi: tingkat kesesuaian materi pelajaran fisika sebesar 89,84%, metode penyampaian materi sebesar 70,76%, tampilan fisik buku sebesar 100% dan petunjuk untuk guru sebesar 68,40%, sedangkan untuk data angket sebesar 74,60%, 68,25%, 96,97%, dan 40,35%, yang artinya buku tersebut tergolong sesuai dan cukup sesuai dengan kriteria Bell.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60856
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository