ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMU KELAS I TERBITAN ERLANGGA BERDASARKAN KRITERIA BELL
Abstract
Kata Kunci: Buku Pelajaran Fisika Terbitan Erlangga dan Kriteria Bell. Buku pelajaran mempunyai fungsi yang strategis dan penting dalam upaya meningkatkan pemerataan kesernpatan pendidikan serta meningikatkan mutu, proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan. Oleh karena itu, buku pelajaran tidak boleh memuat informasi yang salah. Buku pelajaran yang salah, dapat menyesatkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran, sehingga dalam menyusun buku harus disesuaikan dengan kriteria buku yang baik, yaitu kriteria Bell. Buku pelajaran fisika yang digunakan oleh guru di SMU Negeri se Kotatif Jember 95% adalah buku terbitan Erlangga. Untuk itu peneliti memiliki beberapa permasalahan yang perlu dipecahkan, yaitu: 1) berapa besar tingkat kesesuaian materi pelajaran pada buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell; 2) berapa besar tingkat kesesuaian metode penyarnpaian materi pada buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell; 3) berapa besar tingkat kesesuaian tampilan fisik buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell; 4) berapa besar tingkat kesesuaian petunj uk untuk guru pada buku pelajaran fisika SMU kelas I terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell. Adapun tujuan penelitian adaJah untuk mengetahui tingkat kesesuaian rnateri pelajaran, tingkat kesesuaian metode penyampaian materi, tingkat kesesuaian tampilan fisik dan tingkat kesesuaian petunjuk untuk guru pada buku pelajaran fisika SMU kelas l terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu: metode dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian buku pelajaran fi sika SMU kelas l terbitan Erlangga berdasarkan kriteria Bell, meliputi: tingkat kesesuaian materi pelajaran fisika sebesar 89,84%, metode penyampaian materi sebesar 70,76%,
tampilan fisik buku sebesar 100% dan petunjuk untuk guru sebesar 68,40%,
sedangkan untuk data angket sebesar 74,60%, 68,25%, 96,97%, dan 40,35%, yang
artinya buku tersebut tergolong sesuai dan cukup sesuai dengan kriteria Bell.