| dc.description.abstract | Keterampilan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan  bunyi-bunyi 
artikulasi atau kata-kata  untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan 
pikiran, gagasan, dan perasaan. Penyampaian pesan melalui kata-kata yang diucapkan 
maupun dituliskan disebut dengan retorika verbal. Selain penyampaian pesan melalui 
kata-kata, cara lain untuk menyampaikan pesan dapat melalui gerak tubuh atau 
dikenal dengan sebutan retorika nonverbal.  Seorang motivator dalam sebuah acara 
seminar motivasi  membutuhkan  kedua  keterampilan  tersebut sekaligus  karena 
disamping kata-katanya diperhatikan, gerak tubuhnya di atas panggung merupakan 
bagian yang menjadi sorotan pemirsa.  Semua  kemampuan  retorika verbal dan 
nonverbal yang digunakan  oleh motivator  pada ujungnya dipilih untuk selanjutnya 
digunakan sebagai media memotivasi pemirsa yang menyaksikan acara Mario Teguh 
Golden Ways. 
Alasan mengambil kajian  retorika verbal dan nonverbal  dalam kaitan 
pemberian motivasi pada  acara  Mario Teguh Golden Ways  di Metro TV adalah 
membahas  pentingnya pilihan kata  dan pilihan gerak  oleh seorang motivator  dalam 
memotivasi yang memiliki pengaruh penting karena setiap pemilihan kata dan gerak 
diusahakan mampu menciptakan suasana kebersamaan yang dialogis yaitu penciptaan 
suasana  emosional  yang terkendali sehingga menjadi kekuatan pengikat antara 
motivator dengan pemirsa.  Pemilihan  Mario Teguh Golden Ways  sebagai objek 
penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada observasi awal, yaitu 
ditemukannya  cara penyampaian pesan melalui kata-kata (verbal) dan gerak tubuh 
(nonverbal) yang bervariasi dan menarik serta pemakaian kemampuan tersebut untuk 
memberikan motivasi sebagai tujuan awal dari acara.  
Kajian ini difokuskan pada pembahasan mengenai pemakaian  retorika verbal 
dan nonverbal serta kaitannya dalam pemberian motivasi.  Pembahasan yang dikaji 
terdiri atas tiga masalah, yaitu  (1) bagaimanakah  interpretasi dan fungsi retorika 
bentuk verbal  dalam acara  Mario Teguh Golden Ways  di Metro TV,  (2) 
bagaimanakah  interpretasi dan fungsi retorika bentuk nonverbal  dalam acara  Mario 
Teguh Golden Ways  di Metro TV, dan  (3)  bagaimanakah pemakaian retorika verbal 
dan nonverbal dalam kaitan pemberian motivasi.  Tujuan yang ingin dicapai dalam 
penelitian ini adalah  (1) mendeskripsikan  interpretasi dan fungsi retorika bentuk 
verbal dalam acara  Mario Teguh Golden Ways  di Metro TV,  (2) mendeskripsikan 
interpretasi dan fungsi retorika bentuk nonverbal dalam acara  Mario Teguh Golden 
Ways  di Metro TV, dan  (3)  mendeskripsikan  pemakaian retorika verbal dan 
nonverbal dalam kaitan pemberian motivasi. Jenis penelitian yang diambil deskriptif dengan rancangan kualitatif.  Sumber 
data penelitian ini adalah  hasil rekaman acara  Mario Teguh Golden Ways  di Metro 
TV yang diunduh dari situs  youtube.com, sedangkan data penelitian ini adalah 
retorika verbal dan nonverbal yang digunakan  dalam acara  Mario Teguh Golden 
Ways  di Metro TV bulan Agustus 2011.  Teknik pengumpulan data menggunakan 
teknik  simak dan teknik catat, sedangkan analisis data menggunakan analisis 
deskriptif kualitatif  yang terdiri dari lima  proses yaitu pengamatan data, pengodean, 
pengklasifikasian data, interpretasi dan simpulan 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian retorika verbal dan nonverbal 
dalam acara  Mario Teguh Golden Ways  di Metro TV  memunyai tujuan  membuat 
orang lain merasa penting, mengendalikan tindakan dan sikap orang lain, 
menciptakan kesan yang baik, menarik orang dengan penerimaan, persetujuan, dan 
apresiasi, mendengarkan, membuat orang sependapat, memberi pujian, dan 
mengkritik orang lain tanpa menyakiti hati mereka. | en_US |