RETORIKA BAHASA MOTIVASI DALAM ACARA MARIO TEGUH GOLDEN WAYS DI METRO TV
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi
artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan
pikiran, gagasan, dan perasaan. Penyampaian pesan melalui kata-kata yang diucapkan
maupun dituliskan disebut dengan retorika verbal. Selain penyampaian pesan melalui
kata-kata, cara lain untuk menyampaikan pesan dapat melalui gerak tubuh atau
dikenal dengan sebutan retorika nonverbal. Seorang motivator dalam sebuah acara
seminar motivasi membutuhkan kedua keterampilan tersebut sekaligus karena
disamping kata-katanya diperhatikan, gerak tubuhnya di atas panggung merupakan
bagian yang menjadi sorotan pemirsa. Semua kemampuan retorika verbal dan
nonverbal yang digunakan oleh motivator pada ujungnya dipilih untuk selanjutnya
digunakan sebagai media memotivasi pemirsa yang menyaksikan acara Mario Teguh
Golden Ways.
Alasan mengambil kajian retorika verbal dan nonverbal dalam kaitan
pemberian motivasi pada acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV adalah
membahas pentingnya pilihan kata dan pilihan gerak oleh seorang motivator dalam
memotivasi yang memiliki pengaruh penting karena setiap pemilihan kata dan gerak
diusahakan mampu menciptakan suasana kebersamaan yang dialogis yaitu penciptaan
suasana emosional yang terkendali sehingga menjadi kekuatan pengikat antara
motivator dengan pemirsa. Pemilihan Mario Teguh Golden Ways sebagai objek
penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada observasi awal, yaitu
ditemukannya cara penyampaian pesan melalui kata-kata (verbal) dan gerak tubuh
(nonverbal) yang bervariasi dan menarik serta pemakaian kemampuan tersebut untuk
memberikan motivasi sebagai tujuan awal dari acara.
Kajian ini difokuskan pada pembahasan mengenai pemakaian retorika verbal
dan nonverbal serta kaitannya dalam pemberian motivasi. Pembahasan yang dikaji
terdiri atas tiga masalah, yaitu (1) bagaimanakah interpretasi dan fungsi retorika
bentuk verbal dalam acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV, (2)
bagaimanakah interpretasi dan fungsi retorika bentuk nonverbal dalam acara Mario
Teguh Golden Ways di Metro TV, dan (3) bagaimanakah pemakaian retorika verbal
dan nonverbal dalam kaitan pemberian motivasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan interpretasi dan fungsi retorika bentuk
verbal dalam acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV, (2) mendeskripsikan
interpretasi dan fungsi retorika bentuk nonverbal dalam acara Mario Teguh Golden
Ways di Metro TV, dan (3) mendeskripsikan pemakaian retorika verbal dan
nonverbal dalam kaitan pemberian motivasi. Jenis penelitian yang diambil deskriptif dengan rancangan kualitatif. Sumber
data penelitian ini adalah hasil rekaman acara Mario Teguh Golden Ways di Metro
TV yang diunduh dari situs youtube.com, sedangkan data penelitian ini adalah
retorika verbal dan nonverbal yang digunakan dalam acara Mario Teguh Golden
Ways di Metro TV bulan Agustus 2011. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik simak dan teknik catat, sedangkan analisis data menggunakan analisis
deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima proses yaitu pengamatan data, pengodean,
pengklasifikasian data, interpretasi dan simpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian retorika verbal dan nonverbal
dalam acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV memunyai tujuan membuat
orang lain merasa penting, mengendalikan tindakan dan sikap orang lain,
menciptakan kesan yang baik, menarik orang dengan penerimaan, persetujuan, dan
apresiasi, mendengarkan, membuat orang sependapat, memberi pujian, dan
mengkritik orang lain tanpa menyakiti hati mereka.