PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ROKOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran di antara produk, harga, saluran distribusi dan promosi terhadap persepsi konsumen rokok. Pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian rokok, dan pengaruh bauran pemasaran dengan indikator produk, harga, saluran distribusi dan promosi baik secara langsung terhadap keputusankonsumen dalam pembelian rokok di Fakultas Pertanian Universitas Jember. Penentuan lokasi peneliti secara purposive area,di lakukan di lingkungan kampus fakultas pertanian universitas jember dengan pengambilan sampel dengan metode convience sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan pendekatan regresional.
Hasil analisis adalah sebagai berikut : (1) Variabel produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel persepsi konsumen rokok. (2) Variabel produk, harga, promosi, tempat dan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian rokok. (3) Variabel produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan pembelian rokok, serta (4) Variabel produk, harga,
promosi dan tempat berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian rokok melalui variabel persepsi.
Pada dasarnya bauran pemasaran sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang akan di ambil oleh konsumen dan bauran pemasaran juga memberikan suatu informasi pengenalan sesuatu yang akan di tyawarkan atau di jual oleh produsen ke pada masyarakat, dari segi bahan,kwalitas tempat persediaan dan harganya.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]