PROFESIONALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS KERTOSARI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian
deskriptif. Pemerolehan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara
sebagai teknik utama dalam pemerolehan data, observasi dan dokumentasi.
Informan yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah Kepala Puskesmas
Kertosari, Koor. BP Induk, Koor. Poligigi, Koor. KIA, Koor. Apotik, Koor.
Loket, Ketua Laskar Bina Husada dan Pasien Puskesmas Kertosari. Untuk
menganalisis data penulis menggunakan model interaksi yang dikemukakan oleh
Miles dan Hubberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, penulis
menggunakan teknik Triangulasi.
Hasil dari kegiatan penelitian diperoleh beberapa kesimpulan: pelayanan
yang efektif Puskesmas Kertosari Kabupaten Banyuwangi yang di lakukan
melalui pelaksanaan visi dan misi yang di jalankan oleh puskesmas kertosari
dalam setiap program dan kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan
protab dan SOP. kesederhanaa dalam pelayanan Puskesmas Kertosari Kabupaten
Banyuwangi sudah baik karena pelayanan yang di berikan sangat mudah, cepat
dan akurat. Kejelasan dan kepastian pelayanan yang dilakukan di bentuk melalui
pelayanan sudah sesuai dengan prosedur. keterbukaan pelayanan yang dilakukan
oleh Puskesmas Kertosari sudah sesuai dan bersifat transparan dan sederhana
sehingga masyarakat dalam mencapai keluhan atau hambatanpun yang berbentuk
perlakuan pegawai terhadap pasien dapat dilakukan melalui kotak surat, via
telepon maupun SMS. Responsive dan adaptif yang dilakukan oleh pegawai
terhadap masyarakat ini sudah sesuai prosedur pelayanan publik.