PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WISATA PANTAI WATU ULO DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Indonesia merupakan negarakepulauan terbesar di dunia yang memiliki
kekayaan alam dan budaya yang berlimpah. Banyak keindahan alam yang dapat
kita jumpai di berbagai wilayahnya. Tidak heran, jika saat ini pariwisata
merupakan salah satu faktor ekonomi terbesar yang menambah devisa negara.
Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan seseorang untuk mendapat
pelayanan yang berbdeda dari biasanya di suatu tempat yang bertujuan untuk
mencari kepuasan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode
pengumpulan data dengan cara membagikan kuisioner. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan accidental purposive sampling, dengan
populsai pengunjung wisata Watu Ulo. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analsis regresi linier berganda
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel – variabel dari kepuasan
konsumen (bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) sangat
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pantai wisata Watu Ulo.