BAHASA INGGRIS SEBAGAI PENUNJANG KINERJA FRONT OFFICE DALAM DUNIA PERHOTELAN DI ISTANA HOTEL JEMBER
Abstract
Agung Yulianto, Mei 2013, Bahasa Inggris sebagai penunjang kinerja Front
Office dalam dunia perhotelan di ISTANA HOTEL JEMBER . Sebuah laporan
Praktek Kerja Nyata, program Diploma III Bahasa Inggris Fakultas Sastra
Universitas Jember.
Perkembangan pariwisata saat ini semakin maju dan berkembang dengan
sangat pesat, khususnya di bidang akomodasi jasa penyedia penginapan yaitu
perhotelan para wisatawan domestik maupun mancanegara sekarang ini semakin
membutuhkan jasa penginapan untuk mengakomodasi kegiatan mereka baik itu
berlibur ataupun hanya sekedar untuk berbisnis. Suatu perhotelan pastilah
menginginkan sebuah laba atau keuntungan dari bisnis mereka ini, dan tanpa
adanya kelancaran operasional yang memadai akan mustahil tujuan itu tercapai
Kelancaran operasional hotel di dukung oleh beberapa departemen yang ada
di hotel, salah satunya adalah departemen front office, yang dimana menjadi
bagian petama atau first immpresion dari tamu yang hendak menginap ataupun
hanya sekedar bertanya informasi saja, untuk itu seorang front officer dituntut
memiliki bahasa, informasi dan wawasan yang luas baik itu tentang hotel ataupun
hal yang lain. Seorang front office dituntut juga harus bisa bahasa inggris karena
bahasa ini adalah bahasa universal yang digunakan di seluruh dunia.
Penulisan laporan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana bahasa
inggris tersebut menjadi penunjang kinerja front office dalam dunia perhotelan,
sehingga kita bisa mengetahui seberapa pentingkah bahasa inggris dalam kinerja
seorang front officer. Di tempat penulis melakukan Praktek Kerja Nyata (PKN)
ini bahasa inggris sangat minor sekali di gunakan dan bukan berarti tidak di
butuhkan.
Sehingga berdasarakan laporan ini diharapkan para front officer di Istana
Hotel Jember lebih mengetahui apa yang jadi kekurangan mereka dalam
penggunaan bahasa inggris baik itu secara writing, speaking, pronunciation
maupun penggunaan aspek-aspek lainnya, supaya kelancaran operasional hotel
vii
itu bisa berjalan dan sesuai dengan standar hotel dan harapan dari para tamu yang
menginginkan kenyamanan.