PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG WANA WISATA TANJUNG PAPUMA JEMBER
Abstract
Fakta menunjukkan bahwa pelanggan mengalami penurunan tingkat kepuasan
pelayanan di bawah standar. Harapan konsumen terbentuk oleh pengalaman
pembelian sebelumnya, komentar kalangan dan informasi pesaing. Saat ini wana
wisata Tanjung Papuma masih meningkatkan loyalitas pelanggan melalui
pemantauan kualitas layanan dan promosi kepada pelanggan. Menurut manager
pengembangan wisata Tanjung Papuma pada 2009 prosentase pendapatan bidang
pariwisata hanya 0,5% dari total pendapatan perum perhutani, dan diharapkan dapat
meningkat 30%. Rancangan penelitian menggunakan confirmatory dan explanatory
reseach. Penelitian bertujuan mengkaji pengaruh kualitas layanan dan promosi
terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan wana wisata Tanjung Papuma Jember.
Sampel penelitian sebanyak 160 responden dengan kriteria inklusi: responden
berdomisili atau warga Jawa Timur, pengunjung obyek wisata Tanjung Papuma
berusia ≥17 tahun. Instrumen ada empat: 1) kualitas layanan (meliputi: bukti
langsung, keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, pengukuran kualitas pelayanan
indicator); 2) promosi (meliputi: penjualan tatap muka, periklanan dan publisitas,
promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung); 3) kepuasan
(meliputi: kepuasan pelanggan keseluruhan, konfirmasi harapan, perbandingan
dengan situasi ideal); 4) loyalitas pelanggan (meliputi: share information, say
positive things, recommend friends, continue purchasing, purchase additional
service, test new service). Instrument berbentuk skala likert dengan rentang
penilaian: sangat setuju=5, setuju=4, ragu-ragu=3, tidak setuju=2, sangat tidak
setuju=1. Uji analisis menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan
program AMOS 20.0. Hasil menunjukkan chi-square=115,323, probabilitas=0,077,
CMIN=1,214, GFI=0,922, AGFI=0,888, TLI=0,979, RMSEA=0,037, CFI=0,983.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan
(p=0,002), kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung (p=0,028),
promosi berpengaruh terhadap kepuasan (p=0,000), promosi tidak berpengaruh
terhadap loyalitas pengunjung (p=0,296), kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas
pengunjung (p=0,003). SEM menjelaskan hubungan secara kompleks pengaruh
variabel langsung atau tidak langsung antar beberapa variabel.
Collections
- MT-Management [539]