Show simple item record

dc.contributor.authorWINDA PUSPITA SARI
dc.date.accessioned2013-12-07T05:34:33Z
dc.date.available2013-12-07T05:34:33Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM090710101054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6014
dc.description.abstractPengangkutan memiliki peranan yang penting untuk memeratakan pembangunan bangsa dan hal ini tercermin pada kebutuhan mobilitas diseluruh sektor, dan tentu saja hal ini tidak terlepas dari kelancaran pengangkutan yang menunjang pelaksanaan pembangunan berupa penyebaran kebutuhan pembangunan, pemerataan pembangunan. Kereta api merupakan sarana transportasi darat yang memiliki nilai lebih dibanding dengan sarana transportasi lainnya yaitu dimana sarana angkutan ini lebih mudah dijangkau oleh masyarakat kecil untuk melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lainnya, disamping itu dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas angkutan jalan raya yang semakin hari semakin padat. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih lanjut melalui sebuah karya ilmiah berbentuk skripsi dengan judul: “PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI KERETA API KELAS EKONOMI”. Permasalahan yang dikaji oleh penulis adalah sebagai berikut, yaitu: Pertama, Bagaimana akibat hukumnya apabila PT Kereta Api Indonesia apabila dalam memberikan layanan tidak sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) Kedua, Bagaimana tanggung jawab PT Kereta Api Indonesia kepada penumpang akibat kerugian yang ditimbulkan dalam menggunakan transportasi kereta api, Ketiga Bagaimana upaya penyelesaian yang dapat dilakukan oleh konsumen yang dirugikan akibat resiko operasional transportasi kereta api. Tujuan umum dari skripsi ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi tugas sebagai persyaratan yang bersifat akademis guna mencapai gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Jember, dan sebagai sarana untuk menetapkan ilmu pengetahuan hukum yang telah diperoleh dalam perkuliahan. Adapun tujuan khususnya adalah mengkaji akibat hukumnya bila PT Kereta Api Indonesia dalam memberikan pelayanan tidak sesuai standar pelayanan minimum, bentuk tanggung jawab PT Kereta Api Indonesia dan Upaya penyelesaian yang dapat dilakukan konsumen. Dalam penulisan ini menggunakan metode yuridis normatif melalui Pendekatan Undang-undang (statue approach), pendekatan ini dilakukan dengan menelaah semua undang-undang dan regulasi yang bersangkut patut dengan isu hukum yang sedang ditangani. Hasil dari telaah merupakan suatu argumen untuk memecahkan isu hukum yang dihadapi oleh penulis. Selain itu penulis juga menggunakan metode pendekatan Konseptual (conceptual approach), adalah pendekatan yang beranjak pada pandangan-pandangan dan doktrin-doktrin yang berkembang didalam ilmu hukum. Dengan mempelajari pandangan dan doktrindoktrin tersebut merupakan sandaran bagi peneliti dalam membangun suatu argumentasi hukum dalam memecahkan isu hukum yang dihadapi. Kesimpulan yang didapat dari pembahasan setiap permasalahan yang telah dianalisis adalah pertama, Akibat hukumnya jika PT Kereta Api Indonesia dalam memberikan pelayanan tidak sesuai dengan sarana dan prasarana dalam standar pengoperasian, konsumen dapat mengajukan gugatan. Gugatan konsumen xiii dilakukan kepada PT Kereta Api Indonesia agar membayar ganti rugi atas dasar kelalaian dan kurangnnya pemenuhan jasa sarana dan prasarana yang dilakukan oleh PT Kereta Api. Gugatan atas pembayaran ganti kerugian dapat berupa pemenuhan prestasi dari tergugat. Kedua, PT Kereta Api Indonesia bertanggung jawab terhadap pengguna jasa (penumpang) yang mengalami kerugian, luka-luka, atau meninggal dunia yang disebabkan oleh pengoperasian pengangkutan kereta api. Ketiga, upaya penyelesaian yang dapat dilakukan oleh konsumen yang mengalami kerugian akibat operasional transportasi kereta api bisa melalui musyawarah dengan PT Kereta Api Indonesia, pengadilan dan diluar pengadilan. Kepada pembuat Undang-undang, hendaknya membuat undang-undang tersendiri tentang Pemberiaan Ganti rugi terhadap konsumen Pengguna jasa transportasi kereta api.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090710101054;
dc.subjectPENGGUNAAN JASAen_US
dc.titlePERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI KERETA API KELAS EKONOMIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record