PENGARUH RASIO KERENGGANGAN KATUP ISAP DAN KATUP BUANG TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variasi rasio
kerenggangan katup terhadap daya dan torsi pada mesin motor empat langkah
berbahan bakar premium. Serta untuk mengetahui pada perbandingan rasio berapa
akan didapatkan unjuk kerja maksimal.
Pada pengambilan data torsi dan daya, diperoleh kemiripan pola berupa
nilai maksimum yang diperoleh dari seluruh hasil pengujian. Pada grafik
menunjukan daya dan torsi cenderung mengalami kenaikan dengan semakin
besarnya rasio antara katup hisap dan katup buang. Hal itu disebabkan Ketika katup
direnggangkan, maka lift dan duration yang dimiliki katup untuk terbuka akan
semakin berkurang. hal ini membuat langkah kompresi lebih padat (karena lebih
lama), meski fluida yang masuk lebih sedikit. konsumsi bahan bakar akan naik
seiring dengan naiknya rasio kerenggangan antara katup isap dan katup buang. Hal
itu dikarenakan semakin besar kerenggangan celah katup buang maka sudut
tertutupnya katup buang akan semakin kecil. Sehingga efisiensi langkah hisap akan
semakin besar mengakibatkan semakin banyaknya udara dan bahan bakar yang
masuk ke dalam ruang pembakaran.
Semakin besar kerenggangan celah katup hisap, maka konsumsi bahan
bakar akan semakin menurun. Hal itu dikarenakan dengan semakin besarnya celah
katup hisap, maka lift dan duration yang dimiliki katup untuk terbuka juga akan
semakin kecil. Sehingga kesempatan masuknya udara dan bahan bakar ke dalam
ruang pembakaran akan semakin sedikit.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]