• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH RASIO KERENGGANGAN KATUP ISAP DAN KATUP BUANG TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH

    Thumbnail
    View/Open
    Ardhika Setiawan - 071910101098_1.pdf (712.8Kb)
    Date
    2014-11-06
    Author
    Ardhika Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variasi rasio kerenggangan katup terhadap daya dan torsi pada mesin motor empat langkah berbahan bakar premium. Serta untuk mengetahui pada perbandingan rasio berapa akan didapatkan unjuk kerja maksimal. Pada pengambilan data torsi dan daya, diperoleh kemiripan pola berupa nilai maksimum yang diperoleh dari seluruh hasil pengujian. Pada grafik menunjukan daya dan torsi cenderung mengalami kenaikan dengan semakin besarnya rasio antara katup hisap dan katup buang. Hal itu disebabkan Ketika katup direnggangkan, maka lift dan duration yang dimiliki katup untuk terbuka akan semakin berkurang. hal ini membuat langkah kompresi lebih padat (karena lebih lama), meski fluida yang masuk lebih sedikit. konsumsi bahan bakar akan naik seiring dengan naiknya rasio kerenggangan antara katup isap dan katup buang. Hal itu dikarenakan semakin besar kerenggangan celah katup buang maka sudut tertutupnya katup buang akan semakin kecil. Sehingga efisiensi langkah hisap akan semakin besar mengakibatkan semakin banyaknya udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Semakin besar kerenggangan celah katup hisap, maka konsumsi bahan bakar akan semakin menurun. Hal itu dikarenakan dengan semakin besarnya celah katup hisap, maka lift dan duration yang dimiliki katup untuk terbuka juga akan semakin kecil. Sehingga kesempatan masuknya udara dan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran akan semakin sedikit.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60094
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository