Show simple item record

dc.contributor.authorSiska Dwi Esti
dc.date.accessioned2014-11-06T01:00:20Z
dc.date.available2014-11-06T01:00:20Z
dc.date.issued2014-11-06
dc.identifier.nimNIM100110201069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60042
dc.description.abstractTindak ilokusi adalah tindak tutur yang digunakan untuk menginformasikan sesuatu dan juga melakukan sesuatu sejauh tuturannya dipertimbangkan secara sempurna. Tindak ilokusi berisi tentang menyatakan, mengusulkan, meminta, memerintahkan, menawarkan, mengucapkan selamat, dan memuji. Sedangkan tindak tutur perlokusi merupakan tindak tutur yang memiliki maksud untuk mempengaruhi mitra tuturnya, maka sudah selayaknya apabila tindak tutur perlokusi memiliki maksud tuturan yang biasa disebut fungsi. Tindak tutur perlokusi dapat diidentifikasikan berdasarkan maksud atau fungsi tuturannya karena dengan adanya fungsi di dalam tuturan maka tuturan tersebut akan menimbulkan pengaruh pada mitra tuturannya. Fungsi tindak perlokusi berisi tentang menyatakan, menunjukkan, menyebutkan, mengajak, menyarankan, mengucapkan selamat, dan memuji. Dari analisis data yang sudah dilakukan ada jenis tindak tutur yang sering digunakan yaitu jenis tindak tutur direktif “meminta” yaitu ada 11 data iklan yaitu iklan Floridina, Good Day, Q Guava, Mizone Fresin, Frestea versi truk gandeng, My Tea, Minute Maid Pulpy Orange, Teh Pucuk Harum, Love Juice, Hydro Coco dan Ichi Ocha, tidak ada jenis tindak tutur perlokusi yang sering digunakan. Hasil yang diperoleh dari wawancara antara peneliti dengan para informan adalah para informan tertarik pada beberapa iklan yang memiliki nilai moral. Misalnya, terhadap iklan Teh Pucuk Harum, informan sangat tertarik dengan iklan tersebut. Informan lebih memilih Teh Pucuk Harum karena adanya pengaruh nilai moral yaitu suatu kerjasama memang dibutuhkan saat berkomunikasi, di dalam tayangan iklan menunjukkan adanya suatu proses kerjasama untuk mencapai suatu harapan yang baik. Dari temuan tersebut disarankan kepada pengiklan atau perusahaan agar lebih menginovasikan hasil produk yang unik, dapat menghibur, dan bermanfaat sehingga mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat luas yang menginginkan produk tesebut. Bagi konsumen tertarik untuk membeli dan mengkonsumsinya, serta menikmati produk yang diinginkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100110201069;
dc.subjectTindak Tutur, Iklan Produk Minumanen_US
dc.titleANALISIS TINDAK TUTUR DALAM IKLAN PRODUK MINUMAN DI TELEVISIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record