ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM IKLAN PRODUK MINUMAN DI TELEVISI
Abstract
Tindak ilokusi adalah tindak tutur yang digunakan untuk
menginformasikan sesuatu dan juga melakukan sesuatu sejauh tuturannya
dipertimbangkan secara sempurna. Tindak ilokusi berisi tentang menyatakan,
mengusulkan, meminta, memerintahkan, menawarkan, mengucapkan selamat, dan
memuji. Sedangkan tindak tutur perlokusi merupakan tindak tutur yang memiliki
maksud untuk mempengaruhi mitra tuturnya, maka sudah selayaknya apabila
tindak tutur perlokusi memiliki maksud tuturan yang biasa disebut fungsi. Tindak
tutur perlokusi dapat diidentifikasikan berdasarkan maksud atau fungsi tuturannya
karena dengan adanya fungsi di dalam tuturan maka tuturan tersebut akan
menimbulkan pengaruh pada mitra tuturannya. Fungsi tindak perlokusi berisi
tentang menyatakan, menunjukkan, menyebutkan, mengajak, menyarankan,
mengucapkan selamat, dan memuji.
Dari analisis data yang sudah dilakukan ada jenis tindak tutur yang sering
digunakan yaitu jenis tindak tutur direktif “meminta” yaitu ada 11 data iklan yaitu
iklan Floridina, Good Day, Q Guava, Mizone Fresin, Frestea versi truk gandeng,
My Tea, Minute Maid Pulpy Orange, Teh Pucuk Harum, Love Juice, Hydro Coco
dan Ichi Ocha, tidak ada jenis tindak tutur perlokusi yang sering digunakan.
Hasil yang diperoleh dari wawancara antara peneliti dengan para informan
adalah para informan tertarik pada beberapa iklan yang memiliki nilai moral.
Misalnya, terhadap iklan Teh Pucuk Harum, informan sangat tertarik dengan iklan
tersebut. Informan lebih memilih Teh Pucuk Harum karena adanya pengaruh nilai
moral yaitu suatu kerjasama memang dibutuhkan saat berkomunikasi, di dalam
tayangan iklan menunjukkan adanya suatu proses kerjasama untuk mencapai suatu
harapan yang baik.
Dari temuan tersebut disarankan kepada pengiklan atau perusahaan agar
lebih menginovasikan hasil produk yang unik, dapat menghibur, dan bermanfaat
sehingga mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat luas yang menginginkan
produk tesebut. Bagi konsumen tertarik untuk membeli dan mengkonsumsinya,
serta menikmati produk yang diinginkan.