PEMASARAN GARAM RAKYAT DI DESA PANGARENGAN KECAMATAN PANGARENGAN KABUPATEN SAMPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bentuk saluran pemasaran
garam rakyat (2) Struktur pasar garam rakyat (3) Perilaku pasar garam rakyat dan
(4) Keragaan pasar garam rakyat di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan
Kabupaten Sampang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
dan kuantitatif. Metode pengambilan contoh menggunakan Multistage Sampling,
dan Snow Ball Sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan
data sekunder yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis
elastisitas transmisi harga, analisis konsentrasi rasio, analisis integrasi pasar dan
analisis marjin pemasaran.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran garam rakyat di
Desa Pangarengan terdiri dari dua bentuk saluran pemasaran yaitu saluran
pemasaran yang melalui tengkulak dan saluran pemasaran yang melalui pabrik
pengolah garam (PT. Jaya Makmur Utama) di Desa Pangarengan; (2) Struktur
pasar garam rakyat di Desa Pangarengan mengarah pada pasar persaingan tidak
sempurna; (3) Tidak terjadi keterpaduan pasar secara vertikal antar lembaga
pemasaran yang terlibat dalam pemasaran garam rakyat di Desa Pangarengan; (4)
Distribusi marjin pemasaran dan share keuntungan yang paling besar dalam
sistem pemasaran garam rakyat di Desa Pangarengan terletak di lembaga
pemasaran pabrik.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]