ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PRODUKBERAS CERDAS CV. AN-NAHLAH DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik umum konsumen
berpendidikan tinggi (60%), berstatus sebagi istri (73%), kategori nuclear family
(70%), memiliki pekerjaan sebagai PNS (40%), memiliki pendapatan bulanan
tinggi (80%), lokasi tinggal di wilayah kota (90%), dan memiliki motivasi
memperoleh kesehatan (57%). (2) Proses keputusan pembelian Beras Cerdas
melalui lima tahapan yaitu pada pengenalan masalah konsumen memiliki alasan
mengonsumsi Beras Cerdas untuk kesehatan serta penting dikonsumsi. Pada tahap
pencarian informasi konsumen memperoleh informasi pertama dari teman/kerabat.
Pada tahap evaluasi alternatif, konsumen memperhatikan bentuk, rasa, kandungan,
kualitas. Pada tahap keputusan membeli, konsumen membeli Beras Cerdas secara
tiba-tiba/tergantung situasi dengan membeli lebih dari 1 kg/ bulan, dan membeli
kurang dari 4 kali/bulannya. Pada tahap perilaku pasca pembelian, konsumen puas
setelah membeli Beras Cerdas walau mengalami kenaikan harga, konsumen tetap
membeli Beras Cerdas. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Beras Cerdas secara signifikan
adalah pendapatan, usia, motivasi dan harga. Faktor lain seperti sumber informasi,
menu alternatif, kemasan, serta ketersediaan produk tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Beras Cerdas.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]