Show simple item record

dc.contributor.authorAinur Rasyid
dc.date.accessioned2014-11-03T05:46:05Z
dc.date.available2014-11-03T05:46:05Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210402087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59920
dc.description.abstractPada hasil penelitian ini ditemukan Wujud jargon yang terdapat dalam interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo memiliki berbagai macam bentuk. Bentuk tersebut meliputi bentuk leksikon dan frasa. Bentuk leksikon meliputi leksikon kata dasar, leksikon berimbuhan, leksikon singkatan, dan leksikon akronim. Selain itu, wujud jargon yang ditemukan dalam interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo juga terdapat wujud jargon model pakaian yang berasal dari nama selebriti di Indonesia. Pada penelitian ini juga dirumuskan fungsi penggunaan jargon dalam interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo. Fungsi penggunaan jargon tersebut meliputi (1) fungsi memberikan perintah, (2) fungsi mengidentifikasi barang, (3) fungsi merahasiakan harga barang, (4) fungsi menampilkan kosakata baru, (5) fungsi pengganti istilah dalam perdagangan, dan (6) fungsi pengganti istilah tabu. Kemunculan penggunaan jargon dalam interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut meliputi (1) faktor gengsi, (2) faktor memudahkan penutur, (3) faktor identitas sosial penutur, dan (4) faktor kerahasiaan harga barang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402087;
dc.subjectJargon, Pedagang Konfeksien_US
dc.titleJARGON DALAM INTERAKSI JUAL-BELI PEDAGANG KONFEKSI DI PASAR MIMBAAN BARU SITUBONDOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record