JARGON DALAM INTERAKSI JUAL-BELI PEDAGANG KONFEKSI DI PASAR MIMBAAN BARU SITUBONDO
Abstract
Pada hasil penelitian ini ditemukan Wujud jargon yang terdapat dalam
interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo memiliki
berbagai macam bentuk. Bentuk tersebut meliputi bentuk leksikon dan frasa.
Bentuk leksikon meliputi leksikon kata dasar, leksikon berimbuhan, leksikon
singkatan, dan leksikon akronim. Selain itu, wujud jargon yang ditemukan dalam
interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo juga
terdapat wujud jargon model pakaian yang berasal dari nama selebriti di
Indonesia.
Pada penelitian ini juga dirumuskan fungsi penggunaan jargon dalam
interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo. Fungsi
penggunaan jargon tersebut meliputi (1) fungsi memberikan perintah, (2) fungsi
mengidentifikasi barang, (3) fungsi merahasiakan harga barang, (4) fungsi
menampilkan kosakata baru, (5) fungsi pengganti istilah dalam perdagangan, dan
(6) fungsi pengganti istilah tabu. Kemunculan penggunaan jargon dalam interaksi
jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Baru Situbondo dipengaruhi oleh
beberapa faktor. Faktor tersebut meliputi (1) faktor gengsi, (2) faktor
memudahkan penutur, (3) faktor identitas sosial penutur, dan (4) faktor
kerahasiaan harga barang.