Show simple item record

dc.contributor.authorLinda Fitasari
dc.date.accessioned2014-11-03T04:35:25Z
dc.date.available2014-11-03T04:35:25Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210101007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59912
dc.description.abstractAdapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pokok bahasan Teorema Pythagoras, bagaimana aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pokok bahasan Teorema Pythagoras, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada sub pokok bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Panarukan tahun ajaran 2013-2014. Subjek penelitian ini ditetapkan pada kelas VIII-B SMP Negeri 3 Panarukan semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 30 dan terdiri atas 18 siswa laki-laki serta 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdapat 2 kali pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, terdapat empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan pada hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes. Observasi aktivitas guru pada setiap siklus dilakukan untuk memperoleh persentase aktivitas guru selama penerapan pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction (ATI). Berdasarkan hasil observasi, persentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Seperti pada persentase aktivitas guru, persentase aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis terhadap tes hasil belajar siswa pada siklus I da siklus II, diperoleh persentase Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 53,33%, sedangakan pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80,00%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa hasil tes akhir siklus II mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siklus I. Dapat dikatakan bahwa hasil belajar tes siklus II sudah memenuhi ketuntasan secara klasikal. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26,67%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101007;
dc.subjectAptitude Treatment Interaction (ATI), Bahasan Teorema Pythagorasen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 PANARUKAN TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record