• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 PANARUKAN TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Linda Fitasari - 1002101010007_1.pdf (2.032Mb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Linda Fitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pokok bahasan Teorema Pythagoras, bagaimana aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pokok bahasan Teorema Pythagoras, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada sub pokok bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Panarukan tahun ajaran 2013-2014. Subjek penelitian ini ditetapkan pada kelas VIII-B SMP Negeri 3 Panarukan semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 30 dan terdiri atas 18 siswa laki-laki serta 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdapat 2 kali pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, terdapat empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan pada hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil tes. Observasi aktivitas guru pada setiap siklus dilakukan untuk memperoleh persentase aktivitas guru selama penerapan pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction (ATI). Berdasarkan hasil observasi, persentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Seperti pada persentase aktivitas guru, persentase aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis terhadap tes hasil belajar siswa pada siklus I da siklus II, diperoleh persentase Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 53,33%, sedangakan pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80,00%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa hasil tes akhir siklus II mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siklus I. Dapat dikatakan bahwa hasil belajar tes siklus II sudah memenuhi ketuntasan secara klasikal. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26,67%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59912
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository