• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBENTUKAN KARAKTER BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS LESSON STUDY PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII I SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Dina Belayati - 100210101111_1.pdf (267.9Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    DINA BELAYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing 3 tahapan plan, do dan see berjalan sesuai dengan rencana. Tahapan plan, do dan see dilaksanakan secara lancar sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Pembentukan Karakter Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Lesson Study Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII I SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan dan penurunan. Indikator siswa menjawab pertanyaan dari guru dengan banyak jawaban dalam waktu singkat dari 19,44%, 16,67% menjadi 38,89%. Siswa menemukan cara baru atau berbeda dalam menyelesaikan masalah dari 88,9%, 83,3%, menjadi 97,2%. Siswa menyelesaikan suatu permasalahan dengan runtut dari 75%, 83,3%, menjadi 97,2%. Siswa menanggapi presentasi dengan benar dari 19,44%, 19,44%, menjadi 30,56%. Dan siswa memiliki alasan untuk membenarkan jawaban yang kurang tepat dari 0%, 13,89%, menjadi 27,78%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Lesson Study mampu membentuk karakter berpikir kreatif siswa SMP pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII I SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Kelemahan dan penelitian ini adalah pertama, siswa yang kurang teliti dalam melakukan percobaan pada siklus ke 3, yaitu dalam membaca angka dalam gelas ukur yang sudah disediakan dan masih bingung dengan cara pembulatan angka desimal. Kedua, gelas ukur yang digunakan kurang lengkap angka penunjuk ukurannya sehingga siswa kesulitan dalam membacanya. Ketiga, karakter berpikir kreatif kurang muncul pada buku siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59906
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository