PEMBENTUKAN KARAKTER BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS LESSON STUDY PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII I SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing 3 tahapan
plan, do dan see berjalan sesuai dengan rencana. Tahapan plan, do dan see
dilaksanakan secara lancar sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Pembentukan
Karakter Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics
Education Berbasis Lesson Study Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII I
SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan dan
penurunan. Indikator siswa menjawab pertanyaan dari guru dengan banyak jawaban
dalam waktu singkat dari 19,44%, 16,67% menjadi 38,89%. Siswa menemukan cara
baru atau berbeda dalam menyelesaikan masalah dari 88,9%, 83,3%, menjadi 97,2%.
Siswa menyelesaikan suatu permasalahan dengan runtut dari 75%, 83,3%, menjadi
97,2%. Siswa menanggapi presentasi dengan benar dari 19,44%, 19,44%, menjadi
30,56%. Dan siswa memiliki alasan untuk membenarkan jawaban yang kurang tepat
dari 0%, 13,89%, menjadi 27,78%.
Hal tersebut menunjukkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematics
Education berbasis Lesson Study mampu membentuk karakter berpikir kreatif siswa
SMP pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII I SMP Negeri 1 Jember
Tahun Ajaran 2013/2014.
Kelemahan dan penelitian ini adalah pertama, siswa yang kurang teliti dalam
melakukan percobaan pada siklus ke 3, yaitu dalam membaca angka dalam gelas ukur
yang sudah disediakan dan masih bingung dengan cara pembulatan angka desimal.
Kedua, gelas ukur yang digunakan kurang lengkap angka penunjuk ukurannya
sehingga siswa kesulitan dalam membacanya. Ketiga, karakter berpikir kreatif kurang
muncul pada buku siswa.