PENERAPAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) BERBASIS RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI KELAS VII A SMP NEGERI 3 PASIRIAN TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan
pembelajaran dengan peta konsep berbasis resitasi, peningkatan aktifitas siswa, dan
hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran dengan peta konsep berbasis
resitasi. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 3 Pasirian pada kelas VII A
Tahun Ajaran 2013/2014 pada tanggal 12 sampai 28 Mei 2014. Subyek penelitian
adalah seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 33 siswa dengan 12 siswa laki-laki
dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
dua siklus. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan tes.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu prosentase aktivitas siswa mengalami
peningkatan, pada siklus I sebesar 90 % , sedangkan pada siklus II sebesar 100 %.
Prosentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan
klasikal mencapai 54 % dengan 15 siswa tidak tuntas dan 18 siswa tuntas, sedangkan
pada siklus II ketuntasan mencapai 81,8 % dengan 6 siswa tidak tuntas dan 27 siswa
tuntas. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan peta konsep berbasis resitasi pada
topik persegipanjang dan persegi yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A tahun ajaran 2013/2014.