Show simple item record

dc.contributor.authorSiswi Fidayasari
dc.date.accessioned2014-11-03T03:49:08Z
dc.date.available2014-11-03T03:49:08Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59902
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemandirian dan hasil belajar fisika siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Teknik Probing-prompting pada siswa kelas X 2 MAN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X 2 MAN 1 Jember dengan jumlah siswa 33 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan angket, kemandirian belajar siswa pada siklus 1 meningkat dari 42,4% menjadi 78,87%. Sedangkan pada siklus 2, kemandirian belajar siswa meningkat dari 42,4% menjadi 93,9%. Peningkatan ini juga didukung oleh uji deskriptif 1 sampel t-test, dengan perolehan nilai Sig. pada siklus 1 dan 2 sebesar 0,000, lebih kecil dari α (0,000 < 0,05), yang berarti terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa secara signifikan. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,316 yang merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,423 yang merupakan kategori peningkatan sedang. Peningkatan hasil belajar ini juga didukung oleh uji deskriptif 1 sampel t-test, dengan perolehan nilai Sig. sebesar 0,000, lebih kecil dari α (0,000 < 0,05), yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemandirian dan hasil belajar fisika siswa kelas X 2 MAN 1 Jember menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Teknik Probing-prompting mengalami peningkatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesSiswi Fidayasari;
dc.subjectProblem Based Instruction (PBI), Teknik Probing-prompting, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titleModel Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Teknik Probing-prompting dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Fisika di Kelas X 2 MAN 1 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record