dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemandirian dan hasil
belajar fisika siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
disertai Teknik Probing-prompting pada siswa kelas X 2 MAN 1 Jember. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas
X 2 MAN 1 Jember dengan jumlah siswa 33 orang. Desain penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil observasi dan angket, kemandirian belajar siswa pada
siklus 1 meningkat dari 42,4% menjadi 78,87%. Sedangkan pada siklus 2,
kemandirian belajar siswa meningkat dari 42,4% menjadi 93,9%. Peningkatan ini
juga didukung oleh uji deskriptif 1 sampel t-test, dengan perolehan nilai Sig. pada
siklus 1 dan 2 sebesar 0,000, lebih kecil dari α (0,000 < 0,05), yang berarti terdapat
peningkatan kemandirian belajar siswa secara signifikan. Adapun peningkatan hasil
belajar siswa pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,316 yang
merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,423 yang
merupakan kategori peningkatan sedang. Peningkatan hasil belajar ini juga didukung
oleh uji deskriptif 1 sampel t-test, dengan perolehan nilai Sig. sebesar 0,000, lebih
kecil dari α (0,000 < 0,05), yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa
secara signifikan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemandirian dan hasil
belajar fisika siswa kelas X 2 MAN 1 Jember menggunakan Model Pembelajaran
Problem Based Instruction (PBI) disertai Teknik Probing-prompting mengalami
peningkatan. | en_US |