• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Teknik Probing-prompting dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Fisika di Kelas X 2 MAN 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Siswi Fidayasari - 100210102075_1.pdf (178.7Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Siswi Fidayasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemandirian dan hasil belajar fisika siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Teknik Probing-prompting pada siswa kelas X 2 MAN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X 2 MAN 1 Jember dengan jumlah siswa 33 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan angket, kemandirian belajar siswa pada siklus 1 meningkat dari 42,4% menjadi 78,87%. Sedangkan pada siklus 2, kemandirian belajar siswa meningkat dari 42,4% menjadi 93,9%. Peningkatan ini juga didukung oleh uji deskriptif 1 sampel t-test, dengan perolehan nilai Sig. pada siklus 1 dan 2 sebesar 0,000, lebih kecil dari α (0,000 < 0,05), yang berarti terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa secara signifikan. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,316 yang merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,423 yang merupakan kategori peningkatan sedang. Peningkatan hasil belajar ini juga didukung oleh uji deskriptif 1 sampel t-test, dengan perolehan nilai Sig. sebesar 0,000, lebih kecil dari α (0,000 < 0,05), yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemandirian dan hasil belajar fisika siswa kelas X 2 MAN 1 Jember menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Teknik Probing-prompting mengalami peningkatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59902
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository