Show simple item record

dc.contributor.authorKIFTIYAH
dc.date.accessioned2014-11-03T03:37:45Z
dc.date.available2014-11-03T03:37:45Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210102068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59897
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis dengan model Creative Problem Solving (CPS) disertai Metode Demonstrasi kelas X-2 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X-2 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember dengan jumlah siswa 32 orang. Disain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari kegiatan pra siklus hingga kegiatan siklus 2 dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,558 yang merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,568 yang merupakan kategori peningkatan sedang juga. Pembelajaran fisika tidak pernah lepas dari proses sehingga aktivitas belajar siswa juga dianalisis. Aktivitas belajar menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari keaktifan siswa. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar siswa sebesar 17,18%, kemudian pada siklus 1 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 50,62%, dan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 60,93%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Pakusari Jember menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) disertai Metode Demonstrasi mengalami peningkatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102068;
dc.subjectHasil Belajar Listrik Dinamis, Model Creative Problem Solving (CPS), Metode Demonstrasien_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI METODE DEMONSTRASI KELAS X-2 SMAN 1 PAKUSARI JEMBER TAHUN2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record