• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI METODE DEMONSTRASI KELAS X-2 SMAN 1 PAKUSARI JEMBER TAHUN2014

    Thumbnail
    View/Open
    Kiftiyah - 100210102068_1.pdf (71.69Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    KIFTIYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis dengan model Creative Problem Solving (CPS) disertai Metode Demonstrasi kelas X-2 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X-2 di SMA Negeri 1 Pakusari Jember dengan jumlah siswa 32 orang. Disain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari kegiatan pra siklus hingga kegiatan siklus 2 dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,558 yang merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,568 yang merupakan kategori peningkatan sedang juga. Pembelajaran fisika tidak pernah lepas dari proses sehingga aktivitas belajar siswa juga dianalisis. Aktivitas belajar menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari keaktifan siswa. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar siswa sebesar 17,18%, kemudian pada siklus 1 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 50,62%, dan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa naik menjadi 60,93%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Pakusari Jember menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) disertai Metode Demonstrasi mengalami peningkatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59897
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository