Show simple item record

dc.contributor.authorTita Amelia Hadi
dc.date.accessioned2014-11-03T03:16:51Z
dc.date.available2014-11-03T03:16:51Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM090210103071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59889
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran KUASAI terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi biologi pokok bahasan ekosistem (Siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2013/2014). Penelitian ini dilakukan diSMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Perlakuan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA) untuk mengetahui pengaruhmodel pembelajaran KUASAI terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognisi siswadengan derajat kepercayaan 95% (p<0,05) dengan bantuan software SPSS 17,0. Berdasarkan hasil analisis ANAKOVA menunjukkan bahwa pengaruh perlakuan terhadap perbedaan rerata keterampilan metakognisi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki taraf signifikasi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan keterampilan metakognisi siswa kelas kontrol dan eksperimen. Secara keseluruhan siswa kelas eksperimen memiliki keterampilan metakognisi yang lebih dibandingkan dengan kelas kontrol. Namun berdasarkan hasil analisis 5 indikator keterampilan menunjukkan bahwa taraf signifikansi pada indikator pertama adalah sebesar 0,198 yang berarti lebih dari 0,05, maka hal ini berarti H0 diterima atau tidak terdapat perbedaan keterampilan metakognisi siswa kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan taraf signifikansi untuk indikator kedua sebesar 0,037; indikator ketiga sebesar 0,041, indikator keempat sebesar 0,001; indikator kelima sebesar 0,001, yang berarti bahwa keempat indikator tersebut kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan keterampilan metakognisi siswa kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan berdasarkan hasil analisis ANACOVA pengaruh perlakuan terhadap hasil belajar perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki taraf signifikasi 0,046 yang berarti kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini membuktikan bahwa modelpembelajaran KUASAI berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognisi siswa secara keseluruhan dan hasil belajar siswa ranah kognitif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103071;
dc.subjectModel Pembelajaran KUASAI, Keterampilan Metakognisi, Bahasan Ekosistemen_US
dc.titlePENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUASAI TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISIDAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM (Siswa Kelas VIISemester GenapTahun Pelajaran 2013/2014 di SMPNegeri 2 Maesan Bondowoso)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record