• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUASAI TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISIDAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM (Siswa Kelas VIISemester GenapTahun Pelajaran 2013/2014 di SMPNegeri 2 Maesan Bondowoso)

    Thumbnail
    View/Open
    Tita Amelia Hadi - 090210103071_1.pdf (345.9Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Tita Amelia Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran KUASAI terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi biologi pokok bahasan ekosistem (Siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2013/2014). Penelitian ini dilakukan diSMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Perlakuan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA) untuk mengetahui pengaruhmodel pembelajaran KUASAI terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognisi siswadengan derajat kepercayaan 95% (p<0,05) dengan bantuan software SPSS 17,0. Berdasarkan hasil analisis ANAKOVA menunjukkan bahwa pengaruh perlakuan terhadap perbedaan rerata keterampilan metakognisi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki taraf signifikasi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan keterampilan metakognisi siswa kelas kontrol dan eksperimen. Secara keseluruhan siswa kelas eksperimen memiliki keterampilan metakognisi yang lebih dibandingkan dengan kelas kontrol. Namun berdasarkan hasil analisis 5 indikator keterampilan menunjukkan bahwa taraf signifikansi pada indikator pertama adalah sebesar 0,198 yang berarti lebih dari 0,05, maka hal ini berarti H0 diterima atau tidak terdapat perbedaan keterampilan metakognisi siswa kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan taraf signifikansi untuk indikator kedua sebesar 0,037; indikator ketiga sebesar 0,041, indikator keempat sebesar 0,001; indikator kelima sebesar 0,001, yang berarti bahwa keempat indikator tersebut kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan keterampilan metakognisi siswa kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan berdasarkan hasil analisis ANACOVA pengaruh perlakuan terhadap hasil belajar perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki taraf signifikasi 0,046 yang berarti kurang dari 0,05, maka hal ini berarti H0 ditolak atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini membuktikan bahwa modelpembelajaran KUASAI berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan metakognisi siswa secara keseluruhan dan hasil belajar siswa ranah kognitif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59889
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository