• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERBEDAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI DAN EKSPERIMEN BERBASIS VERIFIKASI DALAM PRAKTIKUM TERHADAP TINGKAT KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGOJURUH, BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Puput Dewi Lestari - 070810103108_1.pdf (157.0Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Puput Dewi Lestari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalahmenguji pengaruh penggunaan perbedaan metode eksperimen berbasis inkuiri dan eksperimen berbasis verifikasi dalam praktikum terhadap tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singojuruh, Banyuwangi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, daninstrumen tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dimana dalam penelitian ini terhadap objek kontrol yang merupakan objek yang tidak dikenai perlakuan dan digunakan untuk membandingkan pengaruh pembelajaran dan perlakuan kelompok merupakan kelompok objek yang dikenai perlakuan.Penentuan sekolah tempat penelitian telah ditentukan sebelumnya oleh peneliti yakni SMP Negeri 1 Singojuruh. Penentuan populasi, yaitu seluruh siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Singojuruh. Metode pengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data antara lain dengan penerapan pembelajaraneksperimenberbasisinkuiridaneksperimenberbasisverifikasi, menghitung aktivitas siswa selama proses belajar mengajardanbelajarsiswa. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol (metode eksperimen verifikasi) dengan peningkatan rerata 48,09 dari skor 27,15 meningkat menjadi 75,24. Sedangkanpadakelaseksperimen (metode eksperimeninkuiri) denganpeningkatanrerata 41,64dariskor37,30 meningkatmenjadi78,94.Aktivitasbelajarsiswakelaskontrolmengalamipeningkatanbila dibandingkandenganpertemuan II yaitudariskor 68 dengankriteriacukupaktifmenjadi 72 dengankriteriaaktifpadapertemuan III. Berbedapadakelaseksperimentingkataktivitasbelajarsiswamengalamipenurunanbiladib andingkandenganpertemuan II yaitudariskor 73 dengankriteriaaktifmenjadi 68 dengankriteriacukupaktifpadapertemuan III.Hubungankeaktifan belajar dengan hasil belajar siswa memilikinilaikorelasi(r) sebesar 0,267 artinyaterdapathubunganantarakeaktifanbelajardenganhasilbelajarbiologisiswa. Berdasarkan penelitian ini terdapat pengaruh perbedaan metode eksperimen inkuiri dan metode eksperimen verifikasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa serta ada hubungan antara keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII tahun ajaran 2013/2014 SMPN 1 Singojuruh, Banyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59883
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository