PENGARUH PERBEDAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI DAN EKSPERIMEN BERBASIS VERIFIKASI DALAM PRAKTIKUM TERHADAP TINGKAT KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGOJURUH, BANYUWANGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalahmenguji pengaruh penggunaan perbedaan metode
eksperimen berbasis inkuiri dan eksperimen berbasis verifikasi dalam praktikum
terhadap tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Singojuruh, Banyuwangi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa
silabus, RPP, daninstrumen tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuasi eksperimen, dimana dalam penelitian ini terhadap objek kontrol yang
merupakan objek yang tidak dikenai perlakuan dan digunakan untuk membandingkan
pengaruh pembelajaran dan perlakuan kelompok merupakan kelompok objek yang
dikenai perlakuan.Penentuan sekolah tempat penelitian telah ditentukan sebelumnya
oleh peneliti yakni SMP Negeri 1 Singojuruh. Penentuan populasi, yaitu seluruh
siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Singojuruh. Metode pengumpulkan data yaitu
observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data antara lain dengan
penerapan pembelajaraneksperimenberbasisinkuiridaneksperimenberbasisverifikasi,
menghitung aktivitas siswa selama proses belajar mengajardanbelajarsiswa.
Hasil belajar siswa pada kelas kontrol (metode eksperimen verifikasi) dengan
peningkatan rerata 48,09 dari skor 27,15 meningkat menjadi 75,24.
Sedangkanpadakelaseksperimen (metode eksperimeninkuiri)
denganpeningkatanrerata 41,64dariskor37,30
meningkatmenjadi78,94.Aktivitasbelajarsiswakelaskontrolmengalamipeningkatanbila
dibandingkandenganpertemuan II yaitudariskor 68 dengankriteriacukupaktifmenjadi
72 dengankriteriaaktifpadapertemuan III.
Berbedapadakelaseksperimentingkataktivitasbelajarsiswamengalamipenurunanbiladib
andingkandenganpertemuan II yaitudariskor 73 dengankriteriaaktifmenjadi 68
dengankriteriacukupaktifpadapertemuan III.Hubungankeaktifan belajar dengan hasil
belajar siswa memilikinilaikorelasi(r) sebesar 0,267
artinyaterdapathubunganantarakeaktifanbelajardenganhasilbelajarbiologisiswa.
Berdasarkan penelitian ini terdapat pengaruh perbedaan metode eksperimen
inkuiri dan metode eksperimen verifikasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa
serta ada hubungan antara keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII tahun ajaran
2013/2014 SMPN 1 Singojuruh, Banyuwangi.