dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah meningkatnya motivasi dan
hasil belajar siswa. Adapun peningkatan motivasi siswa yang diukur menggunakan
angket ARCS pada aspek Attention mengalami peningkatan sebesar 12,29%; aspek
Relevance meningkat sebesar 11,31%; aspek Confidence meningkat sebesar 9,33%;
dan untuk aspek Satisfaction meningkat sebesar atau 11,2%. Secara klasikal, untuk
aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 13,18%
yaitu dari 25,71% menjadi 38,89%, sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat
sebesar 38,89% yaitu dari siklus 1 sebesar 38,89% menjadi 77,78% pada siklus 2.
Pada aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata capaian sebesar poin 7,12 dari
siklus 1 sebesar 85,76 pada siklus 2 menjadi 92,88.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran TTW (Think Talk Write) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa. Hal ini dibuktikan dari motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki nilai
lebih tinggi bila dibandingkan dengan motivasi dan hasil belajar siswa sebelum
diadakannya siklus. | en_US |