• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TTW (THINK TALK WRITE) DENGAN PERMAINAN MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pajarakan Probolinggo Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014)

    Thumbnail
    View/Open
    Mia Aviatun Nikmah - 100210103002_1.pdf (897.3Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    MIA AVIATUN NIKMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan motivasi siswa yang diukur menggunakan angket ARCS pada aspek Attention mengalami peningkatan sebesar 12,29%; aspek Relevance meningkat sebesar 11,31%; aspek Confidence meningkat sebesar 9,33%; dan untuk aspek Satisfaction meningkat sebesar atau 11,2%. Secara klasikal, untuk aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 13,18% yaitu dari 25,71% menjadi 38,89%, sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 38,89% yaitu dari siklus 1 sebesar 38,89% menjadi 77,78% pada siklus 2. Pada aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata capaian sebesar poin 7,12 dari siklus 1 sebesar 85,76 pada siklus 2 menjadi 92,88. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk Write) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki nilai lebih tinggi bila dibandingkan dengan motivasi dan hasil belajar siswa sebelum diadakannya siklus.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59879
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository