PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA (SMP Negeri 1 Puger Kelas VII Materi Keragaman Sistem Organisasi Kehidupan)
Abstract
Penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dan ini dilaksanakan di
SMP Negeri 1 Puger. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa
data nilai UAS berdistribusi tidak normal dan bersifat tidak homogen, sehingga
dipilih dua kelas yang mempunyai perbedaan rata-rata nilai UAS paling kecil,
yaitu kelas VII A dan VII B. Hasil uji homogenitas kedua kelas tersebut
menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut bersifat homogen. Setelah dilakukan
pengundian terhadap kedua kelas tersebut diperoleh kelas VII B sebagai kelas
eksperimen menggunakan pembelajaran CIRC dengan problem solving dan VII A
sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Hasil analisis data menunjukkan rerata keterampilan berkomunikasi
tertulis siswa kelas kontrol sebesar 60,3 dan keterampilan berkomunikasi lisan
sebesar 30,67. Hasil analisis data ketrampilan komunikasi kelas eksperimen
menunjukkan rerata keterampilan berkomunikasi tertulis siswa kelas eksperimen
sebesar 78,49 dan keterampilan berkomunikasi lisan sebesar 39,6. Dari hasil
analisis statistik dapat diketahui bahwa model pembelajaran tipe CIRC dengan
metode problem solving memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
keterampilan komunikasi lisan dan tertulis dengan taraf signifikansi sebesar 0,000
(P < 0,05).
Pada aspek hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh rerata nilai
pos-test sebesar 71,28, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rerata sebesar
66,95 dengan taraf signifikasi sebesar 0,476 (P > 0,05). Penilaian hasil belajar
ranah afektif siswa kelas VII-A dan VII-B dengan taraf signifikansi 0,00 (P<0,05)
nilai rata-rata ranah afektif untuk kelas kontrol pada pertemuan 1 sebesar 67,40
dan pertemuan 2 sebesar 67,3 sedangkan untuk kelas eksperimen pada pertemuan
1 sebesar 71,1 dan pertemuan 2 sebesar 77,7.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh model
pembelajaran CIRC dengan metode problem solving pada hasil belajar IPA
Biologi siswa secara signifikan dan berpengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan komunikasi lisan dan tertulis siswa dan nilai afektif siswa.