• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA (SMP Negeri 1 Puger Kelas VII Materi Keragaman Sistem Organisasi Kehidupan)

    Thumbnail
    View/Open
    Eko Yudha Pranata - 090210103013_1.pdf (156.0Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Eko Yudha Pranata
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Puger. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data nilai UAS berdistribusi tidak normal dan bersifat tidak homogen, sehingga dipilih dua kelas yang mempunyai perbedaan rata-rata nilai UAS paling kecil, yaitu kelas VII A dan VII B. Hasil uji homogenitas kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut bersifat homogen. Setelah dilakukan pengundian terhadap kedua kelas tersebut diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran CIRC dengan problem solving dan VII A sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisis data menunjukkan rerata keterampilan berkomunikasi tertulis siswa kelas kontrol sebesar 60,3 dan keterampilan berkomunikasi lisan sebesar 30,67. Hasil analisis data ketrampilan komunikasi kelas eksperimen menunjukkan rerata keterampilan berkomunikasi tertulis siswa kelas eksperimen sebesar 78,49 dan keterampilan berkomunikasi lisan sebesar 39,6. Dari hasil analisis statistik dapat diketahui bahwa model pembelajaran tipe CIRC dengan metode problem solving memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan komunikasi lisan dan tertulis dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P < 0,05). Pada aspek hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh rerata nilai pos-test sebesar 71,28, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rerata sebesar 66,95 dengan taraf signifikasi sebesar 0,476 (P > 0,05). Penilaian hasil belajar ranah afektif siswa kelas VII-A dan VII-B dengan taraf signifikansi 0,00 (P<0,05) nilai rata-rata ranah afektif untuk kelas kontrol pada pertemuan 1 sebesar 67,40 dan pertemuan 2 sebesar 67,3 sedangkan untuk kelas eksperimen pada pertemuan 1 sebesar 71,1 dan pertemuan 2 sebesar 77,7. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh model pembelajaran CIRC dengan metode problem solving pada hasil belajar IPA Biologi siswa secara signifikan dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi lisan dan tertulis siswa dan nilai afektif siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59868
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository