Show simple item record

dc.contributor.authorZainul Mila Afifah
dc.date.accessioned2014-11-03T01:25:26Z
dc.date.available2014-11-03T01:25:26Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210302095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59857
dc.description.abstractHasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Indikator berpikir kritis peserta didik yang diukur pada saat proses pembelajaran berlangsung antara lain : (1) menyampaikan pendapat pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 56,94%, siklus 2 sebesar 62,5% dan siklus 3 sebesar 80,55%; (2) mempertahankan pendapat pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 60,41%, siklus 2 sebesar 71,52% dan siklus 3 sebesar 81,94%; (3) menarik kesimpulan pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 56,25%, siklus 2 sebesar 69,44% dan siklus 3 sebesar 79,16%; (4) membuat perbandingan pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 59,72%, siklus 2 sebesar 72,22% dan siklus 3 sebesar 77,77%; (5) mengevaluasi argumen pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 61,11%, siklus 2 sebesar 71,52% dan siklus 3 sebesar 79,86%. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 66,67%, siklus 2 sebesar 72,22%, dan siklus 3 sebesar 77,78%. Hasil belajar apek psikomotor dibagi menjadi 2 indikator yaitu: (1) menganalisis fakta pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 55,16%, siklus 2 sebesar 64,58% dan siklus 3 sebesar 72,22%; (2) memecahkan masalah pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 54,86%, siklus 2 sebesar 70,13% dan siklus sebesar 79,86%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, peserta didik lebih aktif dan semangat dalam proses pembelajaran sejarah; (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan Deep Dialogue/ Critical Thinking dengan pendekatan Scientific dalam proses pembelajaran di Kelas X IS-2 SMAN Arjasa yaitu pada siklus I, II, dan III.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302095;
dc.subjectDeep Dialogue/ Critical Thinking, Pendekatan Scientific, Kemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePENERAPAN DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS X IS -2 DI SMAN ARJASA TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record