Show simple item record

dc.contributor.authorSri Purwaningsih
dc.date.accessioned2014-11-03T01:09:44Z
dc.date.available2014-11-03T01:09:44Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210302047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59853
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam Pembelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring; (2) untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA) dalam Pembelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS1S MAN 1 Cluring, dengan jumlah 37 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggrat dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitianmenggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 63,51%, pada siklus 2 meningkat menjadi 72,29%, pada siklus 3 meningkat menjadi 77,56% . Pada siklus 1hasil belajar kognitif memperoleh persentase sebesar 70,27%, pada siklus 2 memperoleh persentase 78,37% pada siklus 3 memperoleh persentase 83,78%. Pada siklus 1 hasil belajar aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 68,51%, pada siklus 2 memperoleh persentase 73,24% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 79,72%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring; (2) penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302047;
dc.subjectMeans-Ends Analysis (MEA), Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMAN 1 CLURING TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record