• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMAN 1 CLURING TAHUN AJARAN 2013/2014

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Sri Purwaningsih - 100210302047_1.pdf (244.6Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Sri Purwaningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam Pembelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring; (2) untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA) dalam Pembelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS1S MAN 1 Cluring, dengan jumlah 37 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggrat dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitianmenggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 63,51%, pada siklus 2 meningkat menjadi 72,29%, pada siklus 3 meningkat menjadi 77,56% . Pada siklus 1hasil belajar kognitif memperoleh persentase sebesar 70,27%, pada siklus 2 memperoleh persentase 78,37% pada siklus 3 memperoleh persentase 83,78%. Pada siklus 1 hasil belajar aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 68,51%, pada siklus 2 memperoleh persentase 73,24% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 79,72%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring; (2) penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan model pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59853
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15326]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail