PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMAN 1 CLURING TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam
Pembelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring; (2)
untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Means-
Ends Analysis (MEA) dalam Pembelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 1
SMA Negeri 1 Cluring.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas XI IPS1S MAN 1 Cluring, dengan jumlah 37 peserta
didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggrat
dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam
penelitianmenggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir
kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan
berpikir kritis peserta didik secara klasikal 63,51%, pada siklus 2 meningkat menjadi
72,29%, pada siklus 3 meningkat menjadi 77,56% . Pada siklus 1hasil belajar kognitif
memperoleh persentase sebesar 70,27%, pada siklus 2 memperoleh persentase
78,37% pada siklus 3 memperoleh persentase 83,78%. Pada siklus 1 hasil belajar
aspek psikomotorik memperoleh persentase sebesar 68,51%, pada siklus 2
memperoleh persentase 73,24% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 79,72%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran
Means-Ends Analysis (MEA) pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring; (2)
penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada pembelajaran
sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1
Cluring. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui
setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan model pembelajaran Means-
Ends Analysis (MEA).