dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 5 Jember sejumlah 35 peserta didik. Desain penelitian ini
menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode
pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan
dokumenter.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis
peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis
peserta didik secara klasikal 52,29% pada siklus 2 persentase klasikal sebesar 63% meningkat
20,49% dan siklus 3 sebesart 75,57% meningkat 15,19%. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif
74 pada siklus 2 79 meningkat 6,59% dan siklus 3 81,6 meningkat 3,36%. Pada siklus 1 hasil
belajar pada aspek psikomotor secara klasikal memperoleh persentase 55,5% siklus 2 sebesar
67,14% meningkat 17,37% dan siklus 3 15,6% meningkat 15,6%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran aktif team quiz pada
pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI
IPS 1 SMA Negeri 5 Jember; (2) penerapan pembelajaran aktif team quiz pada pembelajaran
sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Jember.
Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan
penelitian persiklus menggunakan pembelajaran aktif team quiz. | en_US |