Show simple item record

dc.contributor.authorPUPUT SEPTY WAHYU A.
dc.date.accessioned2014-11-03T00:43:48Z
dc.date.available2014-11-03T00:43:48Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210302067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59849
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 5 Jember sejumlah 35 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 52,29% pada siklus 2 persentase klasikal sebesar 63% meningkat 20,49% dan siklus 3 sebesart 75,57% meningkat 15,19%. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif 74 pada siklus 2 79 meningkat 6,59% dan siklus 3 81,6 meningkat 3,36%. Pada siklus 1 hasil belajar pada aspek psikomotor secara klasikal memperoleh persentase 55,5% siklus 2 sebesar 67,14% meningkat 17,37% dan siklus 3 15,6% meningkat 15,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran aktif team quiz pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Jember; (2) penerapan pembelajaran aktif team quiz pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Jember. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan pembelajaran aktif team quiz.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302067;
dc.subjectPembelajaran Aktif Team Quiz, Kemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMAN 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record