• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMAN 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Puput Septy Wahyu A. - 100210302067_1.pdf (79.76Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    PUPUT SEPTY WAHYU A.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 5 Jember sejumlah 35 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 52,29% pada siklus 2 persentase klasikal sebesar 63% meningkat 20,49% dan siklus 3 sebesart 75,57% meningkat 15,19%. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif 74 pada siklus 2 79 meningkat 6,59% dan siklus 3 81,6 meningkat 3,36%. Pada siklus 1 hasil belajar pada aspek psikomotor secara klasikal memperoleh persentase 55,5% siklus 2 sebesar 67,14% meningkat 17,37% dan siklus 3 15,6% meningkat 15,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran aktif team quiz pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Jember; (2) penerapan pembelajaran aktif team quiz pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Jember. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan pembelajaran aktif team quiz.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59849
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository