Show simple item record

dc.contributor.authorIftah Amalia Hasna Malik
dc.date.accessioned2014-10-31T02:55:46Z
dc.date.available2014-10-31T02:55:46Z
dc.date.issued2014-10-31
dc.identifier.nimNIM100210302079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59839
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS-2 SMAN Candipuro, dengan jumlah 32 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Dari 5 Indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diukur pada saat proses pembelajaran berlangsung, dapat disimpulkan pada siklus 1 memperoleh persentase 49,53% dengan kategori kurang kritis. Pada siklus 2 meningkat sebesar 14,37% menjadi 63,90% dengan kategori cukup kritis. Pada siklus 3 meningkat sebesar 12,97% menjadi 76,87% dengan kategori kreatif. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 71,87%. Pada siklus 2 meningkat sebesar 3,13% menjadi 75%. Pada siklus 3 meningkat sebesar 6,25% menjadi 81,25%. Hasil belajar apek psikomotor diukur dengan 3 indikator kreativitas belajar peserta didik, dapat disimpulkan pada siklus 1 memperoleh persentase 58,59%. Pada siklus 2 meningkat sebesar 4,06% menjadi 62,65%. Pada siklus 3 meningkat sebesar 6,25% menjadi 81,25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, peserta didik lebih kritis dan antusias dalam proses pembelajaran sejarah; (2) terdapat peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik dengan penerapan model Thinking Empowerment by QuestioningI(TEQ) dalam proses pembelajaran sejarah di kelas XI IIS-2 SMAN Candipuro yaitu pada siklus 1, 2, dan 3.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302079;
dc.subjectModel Thinking Empowement by Questioning, kemampuan berpikir kritisen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MELALUI MODEL THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IIS-2 SMAN CANDIPURO TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record