• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MELALUI MODEL THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IIS-2 SMAN CANDIPURO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Iftah Amalia Hasna Malik - 100210302079_1.pdf (287.4Kb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    Iftah Amalia Hasna Malik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS-2 SMAN Candipuro, dengan jumlah 32 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Dari 5 Indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diukur pada saat proses pembelajaran berlangsung, dapat disimpulkan pada siklus 1 memperoleh persentase 49,53% dengan kategori kurang kritis. Pada siklus 2 meningkat sebesar 14,37% menjadi 63,90% dengan kategori cukup kritis. Pada siklus 3 meningkat sebesar 12,97% menjadi 76,87% dengan kategori kreatif. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus 1 memperoleh presentase sebesar 71,87%. Pada siklus 2 meningkat sebesar 3,13% menjadi 75%. Pada siklus 3 meningkat sebesar 6,25% menjadi 81,25%. Hasil belajar apek psikomotor diukur dengan 3 indikator kreativitas belajar peserta didik, dapat disimpulkan pada siklus 1 memperoleh persentase 58,59%. Pada siklus 2 meningkat sebesar 4,06% menjadi 62,65%. Pada siklus 3 meningkat sebesar 6,25% menjadi 81,25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, peserta didik lebih kritis dan antusias dalam proses pembelajaran sejarah; (2) terdapat peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik dengan penerapan model Thinking Empowerment by QuestioningI(TEQ) dalam proses pembelajaran sejarah di kelas XI IIS-2 SMAN Candipuro yaitu pada siklus 1, 2, dan 3.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59839
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository