dc.description.abstract | Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana
kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 –
1942?; (2) bagaimana komponen-komponen sistem pendidikan jaman kolonial
Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?; (3) bagaimana penyelenggaraan
pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?. Tujuan dari
penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial
Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942; (2) mendeskripsikan komponenkomponen
sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942;
(3) mendeskripsikan penyelenggaraan kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial
Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1)
bagi penulis, penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sejarah
mengenai sistem pendidikan kolonial Belanda yang pernah diberlakukan di
Indonesia pada tahun 1900 – 1942; (2) bagi pembaca, dapat menambah
pengetahuan dan pemahaman mengenai sistem pendidikan kolonial Belanda yang
pernah diberlakukan di Indonesia pada tahun 1900 – 1942; (3) bagi Almamater
FKIP Universitas Jember, penelitian ini merupakan wujud kongkrit pelaksanaan
Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Dharma penelitian dan dapat menjadi
tambahan koleksi kepustakaan Universitas Jember. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat langkah, yaitu
heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kebijaksanaan sistem pendidikan
kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, memang tidak bisa terlepas dari
(a) ciri-ciri pendidikan kolonial Belanda; (b) kebijakan gubernur jenderal Belanda
terhadap sistem pendidikan di Indonesia. (2) komponen-komponen sistem
pendidikan pada jaman kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, yaitu: (a)
tujuan pendidikan; (b) kurikulum; (c) peserta didik; (d) pendidik atau guru; (e)
anggaran pendidikan; (f) lulusan atau tamatan. (3) penyelenggaraan pendidikan
kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, yaitu: (a) bentuk dan jenis-jenis
sekolah jaman kolonial Belanda. | en_US |