• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA DI INDONESIA TAHUN 1900-1942

    Thumbnail
    View/Open
    FAJAR SHIDIQ SOFYAN HERU - 090210302059_1.pdf (142.5Kb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    Fajar Shidiq Sofyan Heru
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?; (2) bagaimana komponen-komponen sistem pendidikan jaman kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?; (3) bagaimana penyelenggaraan pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942; (2) mendeskripsikan komponenkomponen sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942; (3) mendeskripsikan penyelenggaraan kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900 – 1942. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1) bagi penulis, penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sejarah mengenai sistem pendidikan kolonial Belanda yang pernah diberlakukan di Indonesia pada tahun 1900 – 1942; (2) bagi pembaca, dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai sistem pendidikan kolonial Belanda yang pernah diberlakukan di Indonesia pada tahun 1900 – 1942; (3) bagi Almamater FKIP Universitas Jember, penelitian ini merupakan wujud kongkrit pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Dharma penelitian dan dapat menjadi tambahan koleksi kepustakaan Universitas Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat langkah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kebijaksanaan sistem pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, memang tidak bisa terlepas dari (a) ciri-ciri pendidikan kolonial Belanda; (b) kebijakan gubernur jenderal Belanda terhadap sistem pendidikan di Indonesia. (2) komponen-komponen sistem pendidikan pada jaman kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, yaitu: (a) tujuan pendidikan; (b) kurikulum; (c) peserta didik; (d) pendidik atau guru; (e) anggaran pendidikan; (f) lulusan atau tamatan. (3) penyelenggaraan pendidikan kolonial Belanda di Indonesia tahun 1900-1942, yaitu: (a) bentuk dan jenis-jenis sekolah jaman kolonial Belanda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59837
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository